H. M. HASSAN BUSJORI, S.Pd., M.Pd.

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Manajemen Berbasis Kecakapa Hidup Pada Satuan Pendidikan Non Formal

Manajemen Berbasis Kecakapa Hidup Pada Satuan Pendidikan Non Formal

Dalam kehidupan sehari-hari kita kerap dihadapkan pada masalah-masalah dalam kehidupan manusia , namun dalam hal ini kita dipandang perlu menguasai kemampuan untuk memecahkan masalah kehidupan itu dengan sendirinya.

Dalam hal ini seseorang akan mencoba berupaya semaksimal mungkin agar ia memiliki kemampuan mengatasi setiap kesulitan yang dijalaninya dalam kehidupan, yang bersangkutan hendaknya mencermati kemampuan apa yang dikuasainya sehingga dapat meraih sukses, atau setidaknya dapat bertahan hidup dalam situasi dan kondisi modernisasi yang serba berubah, Seseorang dapat dikatakan sukses apabila memiliki banyak kecakapan hidup sehingga mampu mengatasi masalah dihadapinya, kepandaian kita dalam melihat dan memanfaatkan peluang adalah merupakan salah satu ciri dari karakter orang sukses, Kiat seperti itulah yang merupakan inti dari kecakapan hidup.

Pendidikan kecakapan hidup memang bukan sesuatu hal yang baru. Namun dalam hal ini yang perlu kita perhatikan secara seksama bahwa seiring berjalannya waktu dengan laju serta tumbuh berkembangnya Ilmu Pengetahuan dan Teknologi maka Kecakapan hidup yang harus kita kuasai juga merupakan sebuah terobosan yang inovatif, degan memperhatikan intensitas dan efektivitasnya. Karena , yang diperlukan adalah membawa Satuan Pendidikan Non Formal sebagai bagian dari masyarakat dan bukannya menempatkan Satuan Pendidikan Non Formal sebagai sesuatu Lembaga yang berada di masyarakat. Satuan Pendidikan Non Formal harus merefleksikan nilai kehidupan sehari-hari, baik yang bersifat preservatif dan progresif. Satuan Pendidikan Non Formal harus menyatu dengan nilai-nilai kehidupan nyata yang ada di lingkungannya dan mendidik peserta didik sesuai dengan tuntutan nilai-nilai kehidupan yang sedang berlaku.Dalam hal Ini menuntut proses belajar mengajar dan masukan instrumental sekolah seperti misalnya kurikulum, Pamong Belajar, metodologi pembelajaran, alat bantu pendidikan, dan evaluasi pembelajaran benar-benar realistik, Satuan pendidikan Non Formal .(SPNF). SKB adalah sebagai wadah dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar .

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali